Eunoia: Tana Humba II

Kelanjutan Cerita Eunoia: Tana Humba I 

 

“Selamat pagi kakak noi, sarapan sudah siap” 

“Oke bang, ntar lagi aku kesana” 

Matahari mulai memasuki bilah-bilah dinding dan kelambu jendela, suara debur ombak seakan menjadi musik pagi bersaut-sautan dengan angin yang lembut menyapa pelepah pohon kelapa. Beberapa wisatawan yang menjadi rombonganku sudah sibuk mengabadikan memori lewat beberapa foto dan video, seperti dua pasang sahabat yang bersebelahan kamar denganku mereka terdengar gaduh menata kamera untuk mendapat foto yang indah, atau seseorang laki-laki yang dari tadi nampak sibuk dengan bukunya yang entah menulis apa. 

“Selamat pagi mbak noi, ayo sini mbak sarapan dulu cobain makanan khas penginapan ini” ajakan lembut dari pemilik penginapan yang akrab disapa Mama Melta dengan suara khas perempuan paruh baya kelahiran jawa. 

“Eh ini apa ma?” 

“Itu terong krispi, kalau di Sumba pasti setiap makan ada itu. Cobain, wisatawan biasanya paling suka makan itu” 

Terong krispi adalah makanan berupa sayur terong yang dipotong bulat melintang lalu dimasak dengan cara digoreng garing dengan tepung. 

“Eh, kaya bukan terong rasanya” kata salah satu dari dua sahabat yang dari tadi selalu melekat dengan kameranya. 

“Nah memang itu yang istimewa, banyak yang bilang rasanya kaya nugget. Sudah silakan makan, sebentar lagi kita ke bukit Wairinding. 

Bukit Wairinding merupakan salah satu destinasi wisata kesukaan wisatawan yang datang ke Sumba. Salah satu bukit di Kota Waingapu yang menawarkan panorama bukit dan sabana yang membentang luas. 

“Kakak noi tidak ambil foto? Mari saya fotokan” 

“Udah kok bang, tadi difotoin bang Rama, ganti-gantian gitu” 

“Oh baik kalau begitu kakak, lalu kakak butuh apa sekarang yang bisa Sani bantu?” 

“Engga ada bang, saya mau lihat pemandangan aja” 

“Sani, kenapa tadi tulisannya Bukit Wairinding Tana Humba, kok bukan Sumba?” tanya Lita, perempuan asal bengkulu yang kemari bersama sahabatnya Rasya. 

“Oh Sumba dan Humba itu sebetulnya sama saja, hanya saja orang sini lebih sering menyebutnya Humba daripada Sumba” 

Keindahan Wairinding mampu membuatku sedikit demi sedikit melupakan hiruk pikuk Kota Surabaya. Berpulang ke alam dan memberi tubuh sebuah hadiah karena telah berjuang tak kenal lelah. 

gambar sc: tehsusu.com

“Kalian pasti udah temenan lama ya?” 

“Udah hampir 11 tahun ya, Ta?” Rasya bertanya pada Lita yang sibuk melihat hasil foto di kamera. 

“Iya kalau gak salah sih 11 tahun, apa lebih gitu. Bulan depan aku mau nikah, makanya nyempetin liburan bareng Rasya” 

“Wah mau nikah? Semoga lancar sampai hari-h ya” 

“Iya noi, makanya kalau kita ribet banget ambil foto-foto maaf ya. Apalagi kamar kita sebelahan, pasti berisik banget ya?” 

“Eh enggak loh, gakpapa. Namanya juga menikmati liburan kan” 

“Nanti, kalau aku udah nikah, kemungkinan bisa jalan-jalan gini bakal kecil. Kan udah ada kesibukan sendiri-sendiri. Selain itu, Rasya juga mau S2 di Jepang” 

“Sedeket apapun hubungannya, mau gak mau kesibukan bisa ngalahin segalanya” Rasya menimpali 

“Makanya disempetin biar bisa, bukan nunggu sempet, gak bakal bisa-bisa nanti” Rasya menambahkan 

“Dulu aku sama Rasya ini sempet lama gak ketemu, soalnya kita kuliah beda kota, ketemunya cuma pas Rasya pulang kampung. Disitu kerasa banget, sepinter-pinternya cari orang lain, gak ada yang bisa gantiin sahabat yang udah sehati” 

“Soalnya bener-bener gak kerasa, dulu ketemu di SMA, tiba-tiba masuk kuliah, syukur dapet kerja bareng, eh baru beberapa tahun aku duluan nikah, lalu Rasya kuliah lagi. Nanti tiba-tiba yang bisa dijadiin temen cuma kenangan aja” 

Mungkin kita sekarang lagi asik ya, sama kesibukan-kesibukan kita. Entah sama kerjaan yang mulai cukup buat menuhin kebutuhan. Atau sama sekolah baru tempat ketemu temen-temen yang asik. Bisa juga dengan mimpi-mimpi yang dari dulu pengen dicapai. Terus tiba-tiba semuanya berlalu aja gitu, tenggelam sama kesibukan. Tiba-tiba pas lihat foto-foto di folder laptop yang nyempil, kita lihat foto lagi nginep bareng di rumah salah satu sahabat SMA kita, terus di folder lain ada foto waktu liburan bareng temen kerja, tanpa sadar akhirnya jadi buka buku album kenangan tahunan sekolah. Nanti, kita bakal sadar kalau ternyata saat itu adalah saat terakhir kita makan malem bareng, jalan-jalan di mall bareng, main basket bareng, tiba-tiba semua cuma tinggal kenangan aja. Lalu kenangan-kenangan itu bakal jadi saksi kalau aku dan kamu ada untuk baik-baik aja, meski ada waktunya buat gak lagi bersama. 

 

akhir bagian Tana humba.- 

 

Bagian Tana Humba ini, penulis dedikasikan untuk sahabat penulis: Evita, Desi, Kharisma, dan Anisa yang dari dulu ingin liburan bersama tapi belum sempat dan terus menjadi wacana. Banyak hal yang udah dilaluin, juga kejadian-kejadian yang menarik ulur persahabatan kita, tapi semoga kita terus jadi sahabat sampai kapanpun juga. Apapun kesibukan kalian sekarang, aku harap kalian selalu menemukan alasan untuk bahagia. 



Comments

Popular Posts